Posted by : Unknown Kamis, 28 November 2013

Kelilipan adalah peristiwa adanya benda asing masuk kemata secara tidak sengaja yang membuat mata terasa gatal. Kelilipan sering terjadi saat kamu jalan-jalan atau mengendarai motor. Biasanya saat kamu kelilipan secara refleks kamu akan menggosok mata, padahal hal itu berbahaya karena akan membuat mata kamu iritasi atau tergores.

Apa yang biasa kamu lakukan saat kelilipan? sebagian besar orang biasanya berusaha minta pertolongan orang yang didekatnya untuk meniupkan, meneteskan air bersih ke mata atau ada juga yang memasukkan muka kedalam air lalu mata di buka lebar-lebar sambil menahan nafas. Padahal cara-cara tersebut belum tentu efektif dan nyaman karena hal tersebut hanya dipengaruhi oleh sugesti.

Ada cara yang praktis jika kamu mengalami kelilipan. Ga perlu obat tetes mata, cukup dengan memejamkan mata secara rileks (layaknya mau tidur) dan jangan ada otot sekitar mata yang mengencang, lalu tahan sampai beberapa detik sampai mata terasa nyaman. Setelah itu bukalah mata kamu dan secara otomatis mata menjadi tidak merah, tidak mengganjal, dan tidak pedih.

Kenapa bisa begitu ? pada saat mata dipejamkan, mata segera bekerja untuk menyingkirkan benda asing itu secara alami dan apabila kamu menguceknya, maka sistemnya berjalan tidak sesuai atau rusak yang membuat mata kamu menjadi merah dan serasa mengganjal. Alhamdulillah, sungguh besar kuasa Allah yang telah menciptakan mata dan sistemnya.

Jadi buat kamu yang sering mengucek mata saat kelilipan, sudah taukan bagaimana sebaiknya?

Kelilipan disini tidak berlaku untuk benda-benda tajam atau benda/bahan kimia yang membahayakan mata. Jika setelah kelilipan dipejamkan tidak sembuh selama lebih sehari, segera bawa ke dokter mata. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Live at Gunadarma University - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -